Universitas Gadjah Mada Program Studi
Magister Manajemen Pendidikan Tinggi
Universitas Gadjah Mada
  • Home
  • Tentang Kami
    • Latar Belakang
    • Visi, Misi, dan Tujuan
    • Keunggulan
    • Struktur Manajemen
    • Pengelola Program
    • Fasilitas
    • Kehidupan Kampus
    • Galeri
  • Akademik
    • Pengumuman
    • Dokumen Akademik
    • Kurikulum dan Biaya
    • Mata Kuliah
    • Prosedur Admisi
    • Pengajar
  • News
  • Admisi
    • Info Pendaftaran
    • Persyaratan Pendaftaran
    • Prosedur Pendaftaran
    • Registarsi Sekarang
  • Publikasi
  • Akreditasi
    • Appendix ACQUIN
    • Akreditasi Nasional
  • Kontak
  • Beranda
  • Berita
  • Mengupas Transformasi Digital di Pendidikan Tinggi: Antara Peluang dan Tantangan

Mengupas Transformasi Digital di Pendidikan Tinggi: Antara Peluang dan Tantangan

  • Berita, Opini
  • 30 September 2025, 11.11
  • Oleh: berlian.belasuni
  • 0

Dalam sebuah sesi perkuliahan yang mencerahkan pada Rabu, 3 September 2025, Prof. Dr. Ir. Sahid Susanto, M.S., mengupas secara mendalam peran vital Teknologi Informasi dan Komunikasi (ICT) dalam lanskap pendidikan tinggi modern. Ia menekankan bahwa integrasi teknologi bukan lagi sekadar pilihan atau tren, melainkan telah menjadi sebuah kebutuhan fundamental yang membentuk ulang cara dunia akademik beroperasi. Menurutnya, ICT telah berhasil mentransformasi ruang kelas tradisional menjadi lingkungan belajar yang lebih interaktif dan personal, sekaligus mendobrak batasan geografis untuk membuka akses pendidikan yang lebih luas bagi semua kalangan. Selain itu, efisiensi dalam proses penilaian juga meningkat tajam, memungkinkan dosen memberikan umpan balik yang lebih cepat dan tepat sasaran kepada mahasiswa.

Implementasi nyata dari transformasi ini dapat dilihat melalui penggunaan platform Learning Management Systems (LMS) yang menjadi pusat aktivitas akademik, akses tak terbatas ke jutaan sumber ilmu melalui perpustakaan digital, serta pemanfaatan video conferencing yang kini menjadi hal lumrah di lingkungan kampus. Namun, di balik berbagai kemudahan tersebut, Prof. Sahid juga menyoroti sejumlah tantangan signifikan yang harus dihadapi. Tantangan tersebut meliputi kesenjangan digital di antara mahasiswa, kebutuhan akan pelatihan yang berkelanjutan bagi tenaga pendidik, biaya investasi infrastruktur yang tinggi, serta isu krusial terkait keamanan data dan penjagaan integritas akademik di ranah digital.

Sebagai penutup, ia menegaskan bahwa kunci keberhasilan transformasi digital di pendidikan tinggi tidak hanya terletak pada kecanggihan teknologi, tetapi pada kemampuan institusi untuk menyeimbangkan inovasi tersebut dengan komitmen yang kuat untuk menjunjung tinggi nilai-nilai dan integritas akademik.

Tags: SDG 4: Quality Education (Pendidikan Berkualitas); SDG 9: Industri, Inovasi, dan Infrastruktur (Industry, Innovation, and Infrastructure); SDG 10: Mengurangi Kesenjangan (Reduced Inequalities)

Penulis : Vikra Shafwa Humaira Sinambela; Berlian Belasuni
Foto : Dok. Prodi MMPT SPs UGM

Tags: #InovasiPendidikan #TransformasiDigital AksesPendidikan PendidikanIndonesia PendidikanTinggi TeknologiPendidikan

Leave A Comment Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada
Sekolah Pascasarjana
Magister Manajemen Pendidikan Tinggi (MMPT)

Jl. Teknika Utara, Pogung Yogyakarta
Telp. (0274) 544975, 555881, 564239, 901215
Fax. (0274) 564239, 547861
Instagram: @mmpt_sps_ugm
YouTube: MMPT UGM

Links

  • IGSSCI
  • Alumni
  • RSS Feed

Jurnal Online

  • Kawistara
  • Teknosains
  • Publikasi

LAST VISITOR

Flag Counter

© 2020 MMPT Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY

[EN] We use cookies to help our viewer get the best experience on our website. -- [ID] Kami menggunakan cookie untuk membantu pengunjung kami mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami.I Agree / Saya Setuju