Proposal penelitian tesis mahasiswa MMPT SPs UGM an Tri Uly Artha Manalu. Proposal ini menguraikan proyek penelitian yang menyelidiki dampak belajar mandiri siswa dan dukungan institusional terhadap efektivitas sistem pembelajaran hybrid di perguruan tinggi negeri yang berlokasi di Yogyakarta. Pandemi COVID-19 menyebabkan pergeseran dari pembelajaran tatap muka tradisional ke pembelajaran online. Ketika pembatasan dilonggarkan, universitas mengadopsi model pembelajaran hibrida yang menggabungkan elemen online dan tatap muka. Penelitian ini menyelidiki peran pembelajaran mandiri siswa dan dukungan institusional dalam efektivitas sistem pembelajaran hibrida di universitas negeri di Yogyakarta, Indonesia.
Pernyataan Masalah
Bagaimana tingkat pembelajaran mandiri dan dukungan institusional siswa dalam sistem pembelajaran hybrid di perguruan tinggi negeri di Yogyakarta?
Bagaimana pembelajaran yang diatur sendiri dan dukungan institusional berinteraksi untuk memengaruhi efektivitas pembelajaran hibrida?
Tujuan Penelitian
Untuk menentukan tingkat pembelajaran mandiri siswa dan dukungan institusional dalam konteks pembelajaran hibrida.
Kerangka Teoritis
Teori belajar yang diatur sendiri: Teori ini mengeksplorasi fase dan komponen pembelajaran yang diatur sendiri, termasuk penetapan tujuan, pemantauan diri, dan evaluasi diri.
Teori institusional: Teori ini meneliti bagaimana institusi beradaptasi dengan perubahan dan bagaimana kekuatan institusional mempengaruhi praktik pendidikan.
Metodologi Penelitian (Tidak disebutkan dalam kutipan)
Hasil yang Diharapkan
Penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi pada pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana pembelajaran yang diatur sendiri oleh siswa dan dukungan institusional berinteraksi untuk mempengaruhi efektivitas sistem pembelajaran hybrid. Temuan ini dapat digunakan oleh universitas untuk mengembangkan dan menerapkan model pembelajaran hibrida yang lebih efektif yang meningkatkan hasil belajar siswa.
Penulis : Berlian Belasuni
Foto : Dok. Prodi MMPT SPs UGM
THE ROLE OF STUDENT SELF-REGULATED LEARNING AND INSTITUTIONAL SUPPORT IN HYBRID SYSTEM LEARNING AT PUBLIC UNIVERSITIES IN YOGYAKARTA merupakan salah satu usaha UGM untuk mendukung SDGs nomor 4 tentang Pendidikan Berkualitas.