Dalam rangka meningkatkan kemampuan komunikasi ilmiah dan mendiseminasikan hasil penelitian kepada publik, Magister Manajemen Pendidikan Tinggi SPs UGM mengadakan 3 Minutes Thesis yang dipaparkan oleh Lilik Nurjanah Penelitian yang dilakukan oleh Lilik Nurjanah, mahasiswa Magister Manajemen Pendidikan Tinggi Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada (SPs UGM), mengungkapkan peran penting budaya organisasi dan gaya kepemimpinan dalam meningkatkan kinerja tenaga kependidikan PNS di fakultas terakreditasi unggul UGM.
Temuan Penelitian:
- Budaya organisasi yang positif, seperti kolaboratif, suportif, dan berorientasi pada kinerja, berkontribusi pada peningkatan kinerja tenaga kependidikan.
- Gaya kepemimpinan yang transformasional, yang menekankan visi, motivasi, dan pemberdayaan, mendorong kinerja tenaga kependidikan lebih baik.
- Kombinasi budaya organisasi positif dan gaya kepemimpinan transformasional menciptakan lingkungan kerja yang kondusif dan memaksimalkan kinerja tenaga kependidikan.
Dampak Penelitian:
- Membantu pimpinan fakultas dalam memahami faktor-faktor yang memengaruhi kinerja tenaga kependidikan.
- Memberikan masukan untuk pengembangan program dan kebijakan yang bertujuan meningkatkan kinerja tenaga kependidikan.
- Menjadi landasan bagi penelitian selanjutnya tentang budaya organisasi dan gaya kepemimpinan di lingkungan pendidikan.
Budaya organisasi dan gaya kepemimpinan merupakan faktor penting yang perlu dioptimalkan untuk meningkatkan kinerja tenaga kependidikan PNS di fakultas terakreditasi unggul UGM. Dengan menciptakan budaya organisasi yang positif dan menerapkan gaya kepemimpinan transformasional, pimpinan fakultas dapat mendorong kinerja tenaga kependidikan yang lebih baik dan pada akhirnya meningkatkan kualitas pendidikan di UGM.
Penulis : Berlian Belasuni
Foto : Dok. Prodi MMPT SPs UGM
3 Minutes Thesis “Peran Budaya Organisasi dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Tendik PNS di Fakultas Terakreditasi Unggul UGM oleh Lilik Nurjanah” merupakan salah satu usaha UGM untuk mendukung SDGs nomor 4 tentang Pendidikan Berkualitas