VISI:
Menjadi program studi tingkat pascasarjana terkemuka dalam pengembangan, penerapan, pengamalan, dan penyebarluasan pengetahuan dan pemahaman manajemen pendidikan tinggi dengan menjunjung tinggi karakter dan jati diri yang tercermin dari nilai-nilai Pancasila dan dilandasi jiwa kepemimpinan transformasional.
MISI:
Menyelenggarakan pendidikan tinggi strata dua yang berkualitas dalam pengembangan pengetahuan dan keterampilan manajerial di bidang manajemen pendidikan tinggi untuk pembentukan karakter dan jati diri yang berlandaskan nilai-nilai Pancasila dan jiwa kepemimpinan transformasional.
TUJUAN:
Kompetensi inti yang akan dibangun melalui program studi MMPT mencakup: penguasaan pengetahuan dan pemahaman organisasional yang kuat, kemampuan untuk menjiwai nilai-nilai kepemimpinan transformatif, kemampuan untuk berkomunikasi dan melakukan kerjasama dalam tim, ketrampilan dalam pengambilan keputusan, dan kemampuan menerapkan ragam prinsip-prinsip etika-moral dalam situasi lingkungan organisasi pendidikan tinggi yang dinamis. Dengan berdasar pada situasi seperti tersebut, maka program studi ini dirancang untuk menyiapkan sumberdaya manusia berderajad Magister (strata S-2) yang mumpuni dan mampu meningkatkan kapabilitasnya sebagai pelaku, manajer ataupun regulator/birokrat dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi yang profesional dengan mempunyai ciri-ciri kekuatan sebagai berikut:
- mempunyai kompetensi di bidang manajemen pendidikan tinggi dan aplikasinya pada berbagai bentuk institusi pendidikan tinggi secara berkelanjutan;
- mempunyai jiwa kepemimpinan dan ketrampilan manajerial terutama dalam proses penyelenggaraan pendidikan tinggi secara profesional;
- mempunyai kemampuan untuk mengembangkan wawasan keilmuan manajemen dan perencanaan pendidikan tinggi sebagai dasar untuk membuka peluang bagi pengembangan kualitas penyelenggaraan pendidikan tinggi secara berkelanjutan.
Metode yang ditempuh untuk membangun kompetensi yang dimaksud adalah melalui kombinasi penerapan pola perkuliahan klasikal, diskusi kasus, simulasi dan penyelesaian masalah, serta penerapan pembelajaran yang bermuatan pada pengalaman (experiential learning). Oleh karena itu, setelah peserta didik mampu menempuh rangkaian proses pembelajaran dan lulus untuk seluruh matakuliah yang dipersyaratkan untuk ditempuh pada jenjang pendidikan pasca sarjana ini, maka yang bersangkutan berhak menyandang gelar Magister Manajemen Pendidikan Tinggi (MMPT) dengan sebutan yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku di Universitas Gadjah Mada.