Pandemi COVID-19 telah memberikan dampak signifikan pada dunia pendidikan tinggi, memaksa lembaga-lembaga tersebut untuk beradaptasi dengan cepat dan melakukan transformasi mendalam dalam pendekatan pembelajaran. Buku ini akan menjelajahi perubahan manajemen pembelajaran daring di era COVID-19 dan bagaimana perguruan tinggi menghadapi fenomena global ini.
Penyesuaian Cepat Terhadap Pembelajaran Jarak Jauh Perguruan tinggi di seluruh dunia telah menghadapi tantangan untuk beralih ke pembelajaran jarak jauh dengan cepat. Proses penyesuaian melibatkan pelatihan dosen, peningkatan infrastruktur teknologi, dan perubahan kurikulum. Teknologi Sebagai Pilar Utama Pembelajaran Integrasi teknologi menjadi kunci dalam memfasilitasi pembelajaran daring. Perguruan tinggi merancang strategi efektif untuk memanfaatkan platform pembelajaran, webinar, dan sumber daya daring lainnya.
Peningkatan Kolaborasi Antar Lembaga Perguruan tinggi mulai meningkatkan kerjasama dan pertukaran sumber daya dengan lembaga-lembaga lain, baik lokal maupun internasional. Kolaborasi ini bertujuan untuk mengoptimalkan penggunaan teknologi dan membagi pengalaman sukses dalam mengelola pembelajaran daring. Penyesuaian Kurikulum dan Metode Pengajaran. Kurikulum dan metode pengajaran diperbarui untuk mencerminkan kebutuhan pembelajaran online. Dosen terlibat dalam penyusunan konten yang dapat diakses secara daring dan memfasilitasi diskusi daring yang interaktif. Dukungan Mental dan Kesejahteraan Mahasiswa.
Perguruan tinggi memberikan perhatian khusus pada dukungan kesejahteraan mental mahasiswa. Inisiatif dukungan meliputi konseling online, sumber daya kesehatan mental, dan program kegiatan sosial daring. Evaluasi Kinerja dan Pembelajaran. Sistem evaluasi kinerja dan pembelajaran diperbarui untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran jarak jauh. Perguruan tinggi menggunakan data untuk terus meningkatkan pengalaman pembelajaran dan menciptakan lingkungan yang inklusif. Persiapan Menghadapi Perubahan Masa Depan. Perguruan tinggi mempertimbangkan langkah-langkah untuk tetap relevan di era pasca-COVID-19. Pengembangan keterampilan digital, peningkatan kolaborasi, dan investasi dalam infrastruktur teknologi menjadi fokus utama. Transformasi manajemen pembelajaran daring di era COVID-19 menjadi suatu keharusan bagi perguruan tinggi di seluruh dunia. Dengan penyesuaian cepat, integrasi teknologi, dan kolaborasi yang erat, lembaga-lembaga pendidikan tinggi dapat tetap memberikan pendidikan berkualitas dan siap menghadapi perubahan masa depan yang tidak terduga.
Manajemen Pembelajaran “Daring” di Era COVID-19 : Transformasi Pendidikan Tinggi Menghadapi Fenomena Global
merupakan salah satu usaha UGM untuk mendukung SDGs nomor 4
Penulis : Berlian Belasuni
Foto : Dok. Prodi MMPT SPs UGM