SEMINAR NASIONAL MANAJEMEN PENDIDIKAN TINGGI TRANSFORMASI PENDIDIKAN TINGGI INDONESIA: MANAJEMEN ADAPTIF MENGHADAPI PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI
Dengan adanya Pandemi CoVID-19 yang melanda dunia mulai tahun 2020 telah memaksa kita untuk melakukan adaptasi dengan cepat dan tepat dalam segala aspek kehidupan manusia, agar keberlangsungan kegiatan dapat dijaga, walaupun ada banyak kendala yang dihadapi dan sebagiantelah diselesaikan dengan baik. Perubahan yang terjadi selama pandemic harus diselaraskan dengan kebutuhan nasional dalam berbagai sector pekerjaan. Yang sangatmenarik dalam dunia pendidikan secara umum adalah perubahan sekolah dengan metoda tatap muka (luring) digantikan dengan metoda daring atau menggunakan perangkat bantu untuk menyampaikan materi pelajaran dan penugasan bagi para murid. Kondisi di atas juga terjadi di pendidikan tinggi di Indonesia yang mengubah metode penyampaian luring menjadi daring. Selain itu perkembangan pembelajaran secara darinng semakin cepat, banyak sumber-sumber pembelajaran yang dapat dijadikan acuan untuk memperkuat pembelajaran di institusi pendidikan tinggi. Hal ini menyebabkan pihak perguruan tinggi harus dengan cepat melakukan adaptasi serta menyesuaikan proses pembelajarannya dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini, agar capaian pembelajaran dan kompetensi lulusan yang telah ditetapkan, dapat dicapai dengan baik dan sesuai dengan rencana. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia telah melakukan berbagai penyesuaian untuk mengantisipasi perubahan tersebut serta melaksanakan program- program pendukung agar capaian kompetensi lulusan yang handal dapat dipenuhi. Program Merdeka Belajar, Kampus Merdeka (MBKM) menjadi salah satu contoh yang dicanangkan pihak kementerian agar para mahasiswa lebih dekat dan mudah beradaptasi dengan dunia kerja yang nyata.Kondisi tersebut perlu disikapi dengan cermat dan bijak, sehingga pelaksanaannya di tingkat perguruan tinggi sesuai dengan yang ditetapkan dalam sistem pendidikan nasional. Oleh sebab itu perlu dilakukan banyak pemikiran para ahli dan nara sumber untuk memberikan masukan serta rekomendasi bagaimana Transformasi Pendidikan Indonesia ini dilaksanakan dengan baik, sehingga Indonesia dapat mendidik sumber daya manusianya menjadi SDM yang kompetitif dan mampu mengelola Indonesia menjadi negara maju dan bersaing di dunia.
Penulis : Berlian Belasuni
Foto : Dok. Prodi MMPT SPs UGM