
Yogyakarta, 30 Januari 2025 – Andrey Indra Ridwana Wibowo, seorang mahasiswa Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Tinggi di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, telah melakukan presentasi proposal penelitian tesisnya yang berjudul “Analisis Pengaruh ChatGPT Terhadap Pola Pikir Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Tugas Akademik”. Presentasi ini dilaksanakan secara daring melalui platform Zoom Meeting pada hari Kamis, 30 Januari 2025, pukul 09.00 WIB. Dalam presentasinya, Andrey menjelaskan bahwa penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemajuan teknologi kecerdasan buatan (AI), khususnya ChatGPT, dalam dunia pendidikan. Ia menyoroti bagaimana mahasiswa semakin sering memanfaatkan teknologi ini untuk membantu menyelesaikan tugas akademik, namun juga mengkhawatirkan potensi ketergantungan yang dapat menurunkan kemampuan berpikir kritis dan kreativitas.
Rumusan masalah yang menjadi fokus penelitian Andrey adalah bagaimana pemanfaatan ChatGPT memengaruhi pola pikir mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akademik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi pengalaman mahasiswa dalam menggunakan ChatGPT dan mengukur dampaknya terhadap pola pikir serta kemampuan kreatif mereka dalam menyelesaikan tugas.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian survei. Andrey akan menyebarkan angket kepada mahasiswa Sekolah Pascasarjana di UGM. Data yang terkumpul akan dianalisis menggunakan model SEM PLS untuk menguji tiga hipotesis utama: (1) Pemanfaatan ChatGPT secara signifikan memengaruhi pola pikir mahasiswa; (2) Pemanfaatan ChatGPT memiliki dampak positif terhadap kemampuan mahasiswa dalam menciptakan solusi kreatif; dan (3) Penggunaan ChatGPT secara signifikan memengaruhi pola pikir mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akademik.
Setelah presentasi, sesi diskusi dan tanya jawab dibuka. Beberapa pertanyaan dan masukan diberikan oleh para penguji dan peserta seminar, antara lain Ir. Djoko Luknanto, M.Sc., Ph.D, Prof. Ir. Paulus Insap Santosa, M.Sc., Ph.D., IPU, Reonal Regen, Aji, dan Rani. Masukan yang diberikan antara lain terkait penegasan penjabaran GPT, dasar teori dan penelitian terdahulu dalam pembuatan hipotesis, kriteria dan jumlah responden, serta spesifikasi tugas akademik yang diteliti.
Berdasarkan diskusi yang terjadi, disepakati bahwa mahasiswa diminta untuk melakukan revisi terhadap beberapa aspek yang telah disarankan oleh pembimbing. Revisi ini harus diselesaikan dalam waktu yang tidak ditentukan, namun segera dan kemudian dikonsultasikan kembali dengan pembimbing sebelum melakukan pengambilan data.
Andrey berharap penelitian ini dapat memberikan pencerahan mengenai penggunaan teknologi dalam pendidikan dan mendorong pemikiran kritis di kalangan mahasiswa. Penelitian ini juga diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan ilmu pengetahuan serta memberikan wawasan bagi institusi pendidikan dalam mengintegrasikan teknologi AI ke dalam proses belajar mengajar.
Tema SDGs: 4. Pendidikan berkualitas, 9. Industri, Inovasi, dan Infrastruktur
Penulis: Andrey Indra Ridwana Wibowo; Berlian Belasuni
Foto : Dok. Prodi MMPT SPs UGM