Tentang UGM
IT Center
Perpustakaan
Penelitian
Webmail

Kajian Kepuasan Terhadap Website Universitas Airlangga (Studi Komparasi antara Pengguna Internal dan Pengguna Eksternal/Potensial)

Oleh Dewi Puspitasari, Budi Prasetyo Widyobroto, Sumiyana
23
Apr
2014

Website bagi suatu universitas merupakan wajah universitas di dunia maya. Masyarakat secara luas baik tingkat lokal maupun internasional akan melihat tampilan website universitas sebagai interaksi pertama. Civitas akademika akan memanfaatkan website sebagai media awal untuk berinteraksi dalam rangka menunjang kegiatan belajar mengajar. Peranan website suatu universitas tidak hanya terbatas sebagai media informasi namun juga merupakan salah satu barometer yang dipakai untuk mengukur kualitas perguruan tinggi tersebut.Situs Webite yang baik adalah situs web yang banyak diminati oleh penggunanya. Website universitas perlu mendapat perhatian demi  menjaga konsistensi kualitasnya, sehingga kualitas universitas dari aspek penilaian web menjadi lebih baik.

Website Universitas Airlangga dengan alamat (www.unair.ac.id) selain sebagai media informasi juga sebagai media komunikasi. Website Universitas Airlangga juga merupakan wajah depan Unair di dunia maya, untuk itu kualitas website di mata pengguna merupakan hal yang penting untuk diketahui.Universitas Airlangga sejak tahun 1998 telah memiliki website sebagai media komunikasi dan informasi dengan civitas akademika, calon mahasiswa, dan dengan masyarakat secara luas. Sejak tahun 1998 sampai tahun 2013 ini website Universitas Airlangga telah mengalami banyak perkembangan mengikuti dinamika institusi induk dan tuntutan ilmu pengetahuan. Saat ini website Universitas Airlangga pengelolaannya ditangani oleh Direktorat Sistem Informasi (DSI). pihak yang bertanggung jawab mengisi konten website yaitu Pusat Informasi dan Humas (PIH) Unair dan semua fakultas yang ada di Universitas Airlangga.

Penelitian ini penting untuk dilakukan karena memberikan penilaian versi pengguna website Universitas Airlangga sebagai alternatif untuk mengukur kualitas website. Penelitian ini menggunakan metode Webqual 4.0 yang dicetuskan oleh Barnes dan Vidgen dengan menggunakan 3 (tiga) area yaitu usability (kegunaan), information quality (kualitas informasi), interaction quality (kualitasi interaksi).Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan Maret 2013 sampai bulan Juni 2013 dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang mahasiswa Universitas Airlangga (sebagai pengguna internal) dan 92 orang siswa SMA di Surabaya (sebagai pengguna eksternal).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi kegunaan, kualitas informasi, dan kualitas interaksi berpengaruh terhadap kepuasan pengguna wesbite dengan responden dari kelompok mahasiswa Universitas Airlangga. Dimensi kegunaan dan kualitas informasi berpengaruh terhadap kepuasan pengguna wesbite dari kelompok siswa SMA, namun dimensi kualitas interaksi tidak berpengaruh secara postif terhadap kepuasan pengguna pada kelompok ini.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegunaan website Universitas Airlangga dipandang lebih tinggi oleh calon mahasiswa daripada mahasiswa.  Demikian pula dengan kualitas informasi dan kualitas interaksi website Universitas Airlangga menurut penilaian calon mahasiswa lebih tinggi nilainya daripada penilaian mahasiswa Unair. Sehingga hal tersebut mempengaruhi tingkat kepuasan pengguna dari kelompok calon mahasiswa juga lebih tinggi dibandingkan dengan penilaian dari kelompok mahasiswa Unair.

Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat direkomendasikan sebagai berikut pertama website Universitas Airlangga melakukan perbaikan tampilan fisik website secara berkelanjutan, kedua website Universitas Airlangga meningkatkan kualitas informasi sesuai dengan kebutuhan pengguna, ketiga Website Universitas Airlangga mengimplementasikan sistem informasi terintegrasi. Keempat website Universitas Airlangga menampilkan media chat room yang dapat diakses pengguna eksternal, yang terakhir Perlu melakukan penelitian mengenai website Universitas Airlangga secara kontinyu untuk menangkap keinginan pengguna website khususnya dari kalangan dosen dan peneliti.

Kata Kunci: website, webqual, kegunaan, kualitas interaksi, kualitas informasi, kepuasan pengguna

Download File