Tentang UGM
IT Center
Perpustakaan
Penelitian
Webmail

Hubungan Prestasi Akademik Dan Dukungan Dosen Pembimbing Tugas Akhir Terhadap Lama Waktu Penyelesaian Skripsi

Oleh Rio Winandah, Zuprizal, Wisjnu Martani
23
Apr
2014

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan prestasi akademik dan Dukungan Dosen Pembimbing Tugas Akhir terhadap Lama Waktu Penyelesaian Skripsi. Subjek penelitian terdiri dari 124 mahasiswa Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar angkatan 2006, 2007 dan 2008 yang sedang menyusun skripsi dan telah melaksanakan proses pembimbingan. Data-data yang dikumpulkan dalam penelitian ini dikelompokkan dalam data primer dan data sekunder. Data yang digunakan adalah nilai IPK, lama waktu (bulan) penyusunan skripsi dan skala dukungan dosen pembimbing.Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis statistik dengan menggunakan metode analisis korelasi ganda. Sebelum melakukan uji hipotesis, terlebih dahulu dilakukan uji asumsi atas variabel-variabel yang digunakan. Uji asumsi yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi uji normalitas dan uji linieritas.Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara prestasi akademik dan dukungan dosen pembimbing tugas akhir dengan lama waktu penyelesaian skripsi pada mahasiswa yang ditunjukkan dengan nilai korelasi (r) sebesar 0,515  (R2 = 0,265; F = 21,830; p < 0,05). Secara bersama-sama prestasi akademik dan  dukungan dosen pembimbing tugas akhirmemiliki sumbangan terhadap lama skripsi sebesar 26,5% yang ditunjukkan dengan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,265.

Lebih lanjut, dilakukan analisis parsial untuk mengetahui hubungan variabel independen terhadap variabel dependen dengan mengontrol salah satu  variabel independen. Diketahui bahwa terdapat hubungan Prestasi Akademik terhadap lama waktu penyelesaian skripsi dengan mengontrol  dukungan  dosen  pembimbing  tugas akhir dengan nilai koefisien = -4,067, signifikansi 0,000 (p < 0,05). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan negatif antara Prestasi Akademik dengan lama waktu penyelesaian skripsi. Artinya semakin rendah Prestasi Akademik semakin lama waktu penyelesaian skripsi, begitu pula sebaliknya semakin tinggi Prestasi Akademik maka semakin cepat waktu penyelesaian skripsi.

Selanjutnya, terdapat hubungan antara dukungan dosen dosen pembimbing tugas akhir terhadap lama waktu  penyelesaian skripsi dengan  mengontrol  prestasi akademik dengan nilai koefesien = -0,064, signifikansi 0,000 (p < 0,05). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan negatif antara dukungan dosen pembimbing tugas akhir dengan lama waktu penyelesaian skripsi. Artinya semakin rendah dukungan dosen pembimbing skripsi maka semakin banyak waktu yang digunakan dalam penyelesaian skripsi, begitu pula sebaliknya semakin tinggi dukungan dosen pembimbing tugas akhir maka semakin cepat waktu penyelesaian skripsi.

Dari hasil penelitian, juga diperoleh data variabel Prestasi Akademik memberikan sumbangan efektif sebesar 12,4% dan variabel dukungan dosen pembimbing tugas akhir memberikan sumbangan efektif sebesar 14,1%. Berdasarkan besarnya sumbangan efektif nampak bahwa variabel dukungan dosen pembimbing tugas akhir memiliki sumbangan yang lebih dominan terhadap lama waktu penyelesaian skripsi.

Bila melihat persentase sumbangan kedua variabel bebas dalam penelitian ini yang relatif sedikit, kiranya masih banyak faktor lain yang berpengaruh terhadap lama waktu penyelesaian skripsi yang belum diungkap, misalnya variabel prestasi non-akademik, dukungan sosial secara umum, minat, lingkungan kampus, manajemen waktu dan lain sebagainya.

Kata Kunci: Prestasi Akademik, Dukungan Dosen Pembimbing, Lama Skripsi

Download File